Selamat Datang di Blog Mari Belajar

MENU

Selasa, 27 September 2016

Pendidikan Karakter

Dalam hal bahwa sebenarnya pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi dan atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara.
 Pendidikan karakter yaitu suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, atau kemampuan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsan  sehingga menjadi manusia insan kamil "Masnur Muslich (2014:84)", sedangkan menurut Deni Damayanti (2014:12) pendidikan karakter adalah suatu usaha yang direncanakan secara besama yang bertujuan menciptakn generasi penerus yang memiiliki dasar-dasar pribadi yang baik, baik dalam penetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan( action). Jadi Pendidikan karakter yaitu pendidikan yang menekankan pada penanaman kepribadian atau proses penanaman nilai-nilai karakter seseorang yang meliputi nilai moral, etika dan sopan-santun.
Tujuan pendidikan karakter sekolah dasar yaitu pembiyasaan atau penanaman moral yang diharapkan membentuk pribadi siswa menjadi warga negara yang baik. Menurut Dharma kesuma dkk (2011:9) tujuan pertama pendidikan karakter yaitu memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai-nilai tertentu sehingga terwujud dalam perilaku anak, baik ketika proses sekolah maupun setelah proses sekolah (setelah  lulus dari sekolah). Tujuan kedua yaitu mengkoreksi perilaku peserta didik yang tidak bersesuaian dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah. Tujuan ketiga dalam pen didikan karakter adalah membangun koneksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama. Jadi penerapan pendidikan karakter perlu dilakukan sejak dini.
Usia sekolah dasar merupakan usia yang paling penting untuk menerapkan nilai-nila karakter. Menurut Asmani (2012:36) nilai-nilai utama pendidikan karakter yaitu 1) Nilai klarakter dalam hubungannya dengan Tuhan, 2) nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, 3) nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama.
1)      Nilai Klarakter Dalam Hubungannya Dengan Tuhan. Nilai ini bersifat religius. Dengan kata lain, pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan.
2)      Nilai Karakter Dalam Hubungannya Dengan Diri Sendiri
a)      Jujur
b)      Bertanggung Jawab.
c)      Bergaya hidup sehat
d)     Disiplin
e)      Kerja keras
f)       Percaya diri
g)      Berjiwa wirausaha
h)      Berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
i)        Mandiri.     
j)        Cinta alam
3)      Nilai Karakter Dalam Hubungannya Dengan Sesama terdiri
a)      Sadar Hak Dan Kewajiban Diri dan Orang  Lain
b)      Patuh Pada Aturan-Aturan Sosial
c)      Menghargai Karya dan Prestasi Orang Lain
d)     Santun
e)      Demokratis
4)      Nilai Karakter Dalam Hubungannya Dengan Lingkungan.
Nilai  karakter tersebut berupa sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada  lingkungan alam disekitar.


Nilai-nilai tersebut merupakan nilai utama yang perlu diterpkan pada diri seorang siswa agar menjadi orang yang bermoral. Pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas karena secara terus menerus anak mengerjakan sesuatu yang baik dan itu semua akan menjadi suatu kebiasaan anak sampai dewasa nanti. Penerapan pendidikan karakter pada salah satu mata pelajaran yaitu pelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. 

Daftar pustaka

Deni Damayati. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Dharma Kesum, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung:  PT Remaja Rosdakarya.

Masnur Muslich. 2014. Pendidikan Karakter Menjadi Tantangan Krisis Multidimensional. Jakrta: PT Bumi Aksara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar