Selamat Datang di Blog Mari Belajar

MENU

Rabu, 21 September 2016

Pengertian tutor sebaya

Pengertian Tutor Sebaya 
            Tutor sebaya sering dikenal dengan pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik. Tutor sebaya adalah pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Menurut Zaini Hisyam dkk (2008:46) metode belajar yang baik paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. 
          Belajar dengan teman sendiri dapat menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertannya dan bagi tutor akan lebih mengusai pelajaran tersebut. Tutor dapat berperan sebagai pemimpin dalam kegiatan kelompok sebagai pengganti guru. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998:977) tutor yaitu 1 orang yang memberi penjelasan kepada seseorang atau kelompok kecil siswa.
Menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (2011:184) tutor yaitu siswa yang sebaya ditunjuk atau ditugaskan membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar, karena hubungan antara teman umumnya lebih dekat dibandingkan hubungan guru-siswa. Bantuan yang diberikan oleh teman untuk teman pada umumnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Menurut Suciati dkk (2007:6.15) dalam kegiatan tutorial siswa yang lebih pandai membantu siswa yang menghadapi kesulitan dalam memahami materi pelajaran.  Hal tersebut sejalan dengan Akhmat Sudrajat (2011:140) tutor sebaya adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang siswa kepada siswa lainnya yang salah satu siswa itu lebih memahami materi pembelajaran. Bantuan belajar yang diberikan oleh teman sebaya dapat menghilangkan rasa kecanggungan seperti halnya dengan guru. Bahasa yang digunakan antara teman dengan teman lebih dapat dipahami dari pada guru dengan siswa.
Dengan pembelajaran ini siswa membantu teman yang belum paham, sehingga akan terjadi kegiatan belajar yang aktif, komunikatif dan menyenangkan. Metode latihan bersama teman memanfaatkan siswa yang telah lulus atau berasil untuk melatih teman yang mengalami kesulitan. Tutor dapat menentukan cara yang digunakan dalam memberikan pelatihan pada teman.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya yaitu pemberian bantuan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki daya serap tinggi kepada teman yang belum paham. 

DAFTAR PUSTAKA 

                              Akhmat Sudrajat.2011. Kurikulum Dan Pembelajaran Paradikma Baru.                                          Yogyakarta: Pramita.

                             Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa

                             Suciati,dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UT. Indonesia. Jakarta:                                Perum Balai Pustaka.

                            Zaini Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustak Insani                            Madani.   

3 komentar:

  1. Terima kasih, tulisan ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. Saya sedang mencari referensi tentang tutor sebaya, terima kasih

    BalasHapus
  3. terima kasih, saya sedang mencari padanan metode belajar untuk artikel saya

    BalasHapus