Pengertian
Tutor Sebaya
Tutor sebaya sering dikenal dengan
pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik. Tutor sebaya adalah
pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Menurut Zaini Hisyam dkk (2008:46)
metode belajar yang baik paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang
lain.
Belajar dengan teman sendiri dapat
menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertannya dan bagi tutor akan
lebih mengusai pelajaran tersebut. Tutor dapat berperan sebagai pemimpin dalam
kegiatan kelompok sebagai pengganti guru. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998:977) tutor yaitu 1
orang yang memberi penjelasan kepada seseorang atau kelompok kecil siswa.
Menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono
(2011:184) tutor yaitu siswa yang sebaya ditunjuk atau ditugaskan membantu
temannya yang mengalami kesulitan belajar, karena hubungan antara teman umumnya
lebih dekat dibandingkan hubungan guru-siswa. Bantuan yang diberikan oleh teman
untuk teman pada umumnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Menurut Suciati dkk (2007:6.15) dalam
kegiatan tutorial siswa yang lebih pandai membantu siswa yang menghadapi
kesulitan dalam memahami materi pelajaran.
Hal tersebut sejalan dengan Akhmat Sudrajat (2011:140) tutor sebaya
adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang siswa kepada siswa
lainnya yang salah satu siswa itu lebih memahami materi pembelajaran. Bantuan
belajar yang diberikan oleh teman sebaya dapat menghilangkan rasa kecanggungan seperti
halnya dengan guru. Bahasa yang digunakan antara teman dengan teman lebih dapat
dipahami dari pada guru dengan siswa.
Dengan pembelajaran ini siswa membantu
teman yang belum paham, sehingga akan terjadi kegiatan belajar yang aktif,
komunikatif dan menyenangkan. Metode latihan bersama teman memanfaatkan
siswa yang telah lulus atau berasil untuk melatih teman yang mengalami
kesulitan. Tutor dapat menentukan cara yang digunakan dalam memberikan
pelatihan pada teman.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan
bahwa metode tutor sebaya yaitu pemberian bantuan yang dilakukan oleh siswa
yang memiliki daya serap tinggi kepada teman yang belum paham.
DAFTAR PUSTAKA
Akhmat Sudrajat.2011. Kurikulum Dan Pembelajaran Paradikma Baru. Yogyakarta: Pramita.
Pusat Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus
Besar Bahasa
Suciati,dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UT. Indonesia. Jakarta: Perum
Balai Pustaka.
Zaini Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
Pustak Insani Madani.
Terima kasih, tulisan ini sangat membantu saya
BalasHapusSaya sedang mencari referensi tentang tutor sebaya, terima kasih
BalasHapusterima kasih, saya sedang mencari padanan metode belajar untuk artikel saya
BalasHapus