Selamat Datang di Blog Mari Belajar

MENU

Kamis, 29 September 2016

Pengertian Keaktifan Belajar

  Pengertian Keaktifan
          Unsur terpenting dalam keberhasilan proses pembelajar terdapat pada Keaktifan siswa. Menurut Nana Sudjan (2010:28) belajar merupakan proses yang aktif, apabila tidak dilibatkan dalam berbagai kegiatan belajar sebagai responsi siswa terhadap stimulus guru, tidak mungkin siswa dapat mencapai hasil yang dikehendaki.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998:17) menyatakan bahwa aktif berarti giat (bekerja atau berusaha) sedangkan keaktifan adalah hal atau keadaan dimana siswa dapat aktif. Maka guru perlu mencari cara untuk meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan merupakan motor dalam kegiatan belajar, siswa dituntut untuk aktif.
Menurut Nana Sudjana (2005:72) keaktifan siswa dapat dilihat dari keikutsertaan siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya, terlibat dalam memecahkan masalah, bertannya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapi, berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah, melatih diri dalam memecahkan masalah atau soal, serta menilai kemampuan diri sendiri dan hasil-hasil yang diperoleh.
Keaktifan siswa pada saat belajar matematika tampak pada kegiatan berbuat sesuatu untuk memahami materi pelajaran. Keaktifan belajar siswa tidak lepas dari paradigma pembelajaran yang diciptakan guru.
Keaktifan peserta didik dalam proses belajar merupakan upaya peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar, yang mana keaktifan belajar peserta didik dapat ditempuh dengan upaya kegaiatan belajar kelompok maupun belajar secara perseorangan.

Berdasarkan beberapa pengertian keaktifan diatas maka dapat disimpulkan bahwa keaktifan yaitu keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung dimana siswa berinteraksi dengan siswa lain maupun guru. 

Daftar pustaka

              Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

              Nana Sudjana. 2005. Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2010. Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Megajar. Bandung:                      Sinar Baru Algensindo. 

2 komentar:

  1. Mohon keikhlasannya mengcopy . Matur nuwun

    BalasHapus
  2. Blogger ini atas nama siapa ya? mau saya cantumkan di daftar pustaka

    BalasHapus